Kamis, 06 Agustus 2020

Rangkuman Materi Tema 1 Subtema 3 kelas 3


Rangkuman Materi Kelas 3 
Tema 1 Subtema 3

B.Indonesia 3.1 

Pertumbuhan ayam

Setiap hewan mengalami perubahan, yakni pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan hewan dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

Ayam merupakan salah satu jenis makhluk hidup. Tubuh ayam berbulu dan memiliki dua kaki. Ayam memiliki paruh dan bernapas dengan paru-paru. Ayam berkembangbiak dengan cara bertelur. Ayam mengalami perubahan bentuk mulai dari telur sampai menjadi ayam dewasa. Setiap hari ayam diberi makan dan minum sehingga ukuran tubuh ayam bertambah besar. Ayam mengalami pertumbuhan.

Pertumbuhan Kucing

Siti senang memelihara kucing karena kucing termasuk hewan yang pintar. Siti menyiapkan tempat tinggal kucing dan menjaga kebersihannya. Setiap hari Siti memberi makan, minum, dan memandkan kucingnya secara teratur. Kucing peliharaan Siti tumbuh besar. Kucing Siti mengalami pertumbuhan. Siti menyayangi dan menjaga hewan peliharaannya. Kucing merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Kulit kucing ditumbuhi rambut. Kucing bernapas dengan paru-paru.

Kuda memiliki ciri-ciri yang sama dengan kucing. Kuda termasuk hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan. Kulit kuda juga juga ditumbuhi rambut. Anak kuda mengalami pertumbuhan sehingga menjadi kuda dewasa. Kuda memiliki badan dan tenaga yang sangat kuat. Kemampuan kuda dalam berlari pun sangat baik.

Pertumbuhan Ikan

Ikan berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan dapat bertelur sampai ribuan dalam sekali waktu. Telur menetas menjadi larva. Larva tumbuh menjadi ikan kecil. Kemudian, ikan kecil menjadi ikan dewasa. Ikan mengalami pertumbuhan. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip.

Pertumbuhan Kupu-kupu


Gambar di atas menunjukkan daur hidup kupu-kupu. Daur hidup kupu-kupu diawali dengan telur. Setelah beberapa hari, telur kupu-kupu menetas menjadi ulat. Ulat memakan daun-daunan sehingga tubhnya menjadi besar. Ulat mencari tempat untu berdiam diri dan membentuk kepompong. Setelah itu, tubuh ulat berubah menjadi kupu-kupu. Semua makhluk hidup memiliki daur hidup. Betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.

Pertumbuhan Katak


Sebagian hewan mengalami daur hidup dengan bermetamorfosis. Katak berkembangbiak dengan cara bertelur. Daur hidup katak dimulai dari telur. Telur katak biasanya berada di ar. Telur menetas menjadi kecebong (berudu). Pada kecebong akan tumbuh sepasang kaki belakang, lalu tumbuh kaki depan. Katak berekor lalu tumbuh menjadi katak muda. Akhirnya, ekor katak menghilang. Katak muda menjadi katak dewasa yang tidak berekor. Katak dewasa bernapas dengan paru-paru dan kulit. Katak dewasa hidup di air dan di darat.  

Pertumbuhan Nyamuk


Nyamuk memiliki daur hidup seperti hewan lainnya. Daur hidup nyamuk dimulai dari telur. Telur nyamuk berada di atas air. Ketika sudah menetas, telur menjadi jentik-jentik. Jentik-jentik berubah menjadi pupa. Setelah beberapa waktu pupa berubah menjadi nyamuk. Tahapan perkembangan nyamuk berlangsung cepat dan terjadi pada media air. Beberapa nyamuk dapat menjadi penyebar penyakit yang mematikan. Contoh penyakit yang ditularkan nyamuk adalah demam berdarah. Penyakit demam berdarah dapat mengakibatkan kematian. Selain demam berdarah, banyak lagi penyakit lain yang ditularkan nyamuk. Salah satu penyebab berkembangnya nyamuk adalah banyaknya genangan air. Membersihkan lingkungan serta membuang benda-benda yang sudah tidak dipakai agar tidak dijadikan tempat perkembangbiakan nyamuk. 

PPKn KD 3.4

Makna Bersatu dalam Keberagaman

Kita menjumpai keberagaman dalam kehidupan sehari-hari. Keberagaman itu terlihat dari ciri fisik, warna kulit, sifat, kemampuan, dan kegemaran atau kesukaan. Kita harus mensyukuri dan menghargai keberagaman yang ada. Misalnya tidak mengolok-olok teman yang kurang pintar, namun ajarilah dia. Dengan demikian, kerukunan akan tetap terjaga. Saling menyayangi dan menghargai teman merupakan pengamalan sila-sila Pancasila. 

Jika perilaku tersebut dilakukan sebagai wujud syukur kepada Tuhan, berarti kita mengamalkan sila pertama Pancasila. Jika perilaku tersebut didasari rasa kemanusiaan, berarti kita mengamalkan sila kedua Pancasila. Jika perilaku tersebut dilakukan untuk mempererat persatuan, berarti kita mengamalkan sila ketiga Pancasila. Jika perilaku tersebut dilakukan saat berdiskusi, berarti kita mengamlkan sila keempat Pancasila.Jika perilaku tersebut dilakukan tanpa melihat perbedaan yang ada, berarti kita mengamalkan sila kelima Pancasila.

Menjaga Persatuan dalam Memberi atau Menerima Saran

Kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menjaga persatuan dan kesatuan, maka kerukunan akan terwujud. Berikut cara yang dapat dilakukan agar terwujud kerukunan :
1. mengajari teman yang kesulitan dalam memahami pelajaran,
2. bekerja sama mengumpulkan uang dan pakaian layak pakai untuk membantu teman yang tertimpa musibah, serta
3. memberikan saran kepada teman dan juga mau menerima saran dari teman.

Menyayangi teman dapat dilakukan dengan mengahrgai teman, misalnya saat berdiskusi. Kita harus menghargai saran atau pendapat yang diberikan teman saat berdiskusi. Sebaliknya, kita juga dapat memberikan saran atau pendapat kepada teman sebagai wujud rasa sayang kita. Berikut cara yang baik untuk dilakukan saat memberi atau memberi saran. 
1. saat teman melakukan kesalahan, ingatkan dan berikan saran dengan santun.
2. saat kita diingatkan karena melakukan kesalahan, ucapkan terimakasih dan perbaiki kesalahan tersebut.
3. saat berdiskusi di kelas, angkat tanganmu sebelum menyampaikan saran atau pendapat.
4. tidak memaksakan saran untuk diterima.

SBdP KD 3.1

Gambar dekoratif adalah gambar hiasan dari gabungan beberapa bentuk motif dengan komposisi warna yang indah. Gambar dekoratif dapat ditemukan pada karya seni rupa Nusantara dengan corak tradisional misalnya pada kain tradisional seperti batik atau kain taois dan pada guci. Ada beberapa unsur di dalam gambar dekoratif yaitu garis, bentuk dan warna.
Gambar dekoratif berfungsi sebagai hiasan pada sebuah media agar terlihat lebih indah dan menarik. Objek gambar dekoratif yaitu manusia, hewan dan tumbuhan.

Garis yang digunakan dalam gambar dekoratif juga bermacam-macam. Berikut adalah macam-macam garisnya.





Bentuk yang digunakan dalam gambar dekoratif juga bermacam-macam. Ada bentuk persegi, lingkaran, persegi panjang, setengah lingkaran, segitiga, dan belah ketupat.

Unsur lainnya adalah warna. Warna terdiri atas warna primer dan sekunder. Warna primer adalah warna dasar dari warna lainnya yaitu merah, kuning dan biru. Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer. Contoh warna sekunder yaitu warna hijau yang diperoleh dari campuran biru dan kuning.

Matematika KD 3.3

Di sebuah toko ikan, ada 3 akuarium.Setiap akuarium berisi 15 ikan hias. Berapa jumlah seluruh ikan hias di toko tersebut? 
Penyelesaian : 


Jadi, jumlah seluruh ikan hias di toko tersebut ada 45 ekor.
Untuk bilangan yang lebih besar, hasil perkaliannya lebih mudah dihitung dengan cara bersusun. Ada cara bersusun panjang dan bersusun pendek. Perhatikan contoh berikut. 

234 x 4 = ...

Penyelesaian
a. Cara bersusun panjang 

    234 
        4 x
      16
    120
    800 +
    936
   
Penjelasan : 
  
Uraikan 234 menjadi bentuk panjangnya yaitu sebagai berikut 234 = 200 + 30 + 4 
kalikan 4 dengan setiap bilangan pada bentuk panjang tersebut.

4 x 4 = 16, tulis 16
30 x 4 = 120, tulis 120
200 x 4 = 800, tulis 800
Jumlahkan 16 + 120 + 800 = 936 

Jadi, 234 x 4 = 936 

b. Cara bersusun pendek 
    234 
        4  x
    936 
    
Penjelasan : 

4 x 4 = 16, tulis 16 dan simpan 1 puluhan
3 x 4 = 12 + ( 1 simpanan ) = 13, tulis 3 dan simpan 1 ratusan
2 x 4 = 8 + ( 1 simpanan ) = 9, tulis 9 

Materi perkalian bersusun panjang dan bersusun pendek 

                


Cara menghafal perkalian 2-5 dengan mudah, dan menyenangkan

            


Sumber : buku bupena, buku tematik kelas 3 kurikulum 2013, buku guru, buku siswa dan LKS

Latihan Soal Tema 1 subtema 3 


materi selanjutnya Tema 1 subtema 4 



Hasil Karya Siswa - Siswa ku 

Menggambar daur hidup kupu-kupu 









Menggambar motif dekoratif pada ikan

Ulfatul Aulia

Erika

Adila Putri

Adeliyana Rahim

Aropa




#materitematik
#tematiksd
#kelas3
#bahasaindonesia
#pkn
#sbdp
#matematika
    

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sangat bagus...dan bermanfaat. ..

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi blog bu hany...
Semoga bisa bermanfaat. Mohon tinggalkan komentar dan saran jika berkenan.