Selasa, 16 April 2024

Surat Cinta Untuk Keluarga (Part 3)


Terselip Bully dalam Candaan

Tak jarang aku mendengar ketika mereka kesal dengan ku, mereka berucap "Dasar jua orang Mtp nih" atau "Dasar jua orang Sungai Tuan nih" (bahasa Banjar).

Terkadang mereka mengucapkan itu saat perkumpulan dua keluarga besar. Aku saja meanggap kok ini seperti bahan ejekan ya?

Apa salah nya dengan orang Mtp?

Emang iya kan?

Kok terkesan kayak menghina ya? Saat aku melakukan kesalahan atau bikin kesal mereka, mereka pasti ngomong nya kayak gitu.

Kalo aku bilang ucapan kalian adalah bagian dari "Rasisme" apa kalian bisa terima? 

Atau ingin membela diri dengan mengatakan "Cuma bercanda".

Please lah. 

 

Sesekali gunakan perasaan dalam berucap.

Jangan dibiasakan blak-blakan nya.

Dalam perkumpulan keluarga besar bukan cuma ada satu orang, bukan cuma ada satu pemikiran. 

Aku saja menganggap nya seperti itu, bagaimana keluarga Mtp yang lain yang mendengar nya?

 

Kalian mungkin meanggap nya bercanda.

Tapi tak semua orang meanggap nya begitu.

Setiap orang punya hati dan pemikiran yang berbeda.

Bisa aja kan ada salah satu nya yang tersinggung?

Jangan menilai sesuatu dari sisi kalian saja. 

Tapi nilai lah sesuatu itu dari berbagai sisi. Contohnya dari sisi orang lain. Coba deh. Dengan mencoba menilai sesuatu dari sisi orang lain, kalian baru akan tahu kebenaran nya. Kalian baru bisa memahami perasaan orang lain. 

Aku bukan nya sok tahu. Tapi aku cukup mengenal keluarga ku.

 

Jujur, aku saja sering tersinggung dengan ucapan dan tindakan kalian. 

Bagaimana dengan orang lain?

Terlalu blak-blakan itu tidak baik untuk dijadikan kebiasaan. 

 

Apa kau tak percaya pada ku?

Debat saja. Seperti biasanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mengunjungi blog bu hany...
Semoga bisa bermanfaat. Mohon tinggalkan komentar dan saran jika berkenan.